Kolaborasi Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Digisaurus Juara Digital, dan Telkom, bantu Startup dan UMKM melalui Program Pengembangan kapasitas SDM Startup dan UMKM Tahun 2024.

Telkom Indonesia melalui program Indigo berkesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Program Pengembangan Kapasitas SDM Startup dan UMKM Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop Ukm) bekerja sama dengan Digisaurus Juara Digital, sebuah startup software house dan creative agency asal Makassar. 

Berlokasi di IndigoHub Makassar, program ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di sektor startup dan UMKM dengan fokus pada pengelolaan keuangan, pemasaran digital, serta inovasi produk. Acara ini mengundang berbagai pihak, termasuk para pelaku UMKM dan startup lokal yang mengikuti kegiatan seminar, coaching, serta business matchmaking.

Acara dibuka dengan laporan pelaksanaan dan sambutan dari Ghesa Wisesa Nalan, dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB), Advensius Cristian dari Kemenkop UKM, dan Andi Tenri Beda selaku perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar yang menyatakan dukungan pemerintah daerah terhadap program ini. 

Program ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan, Ashari Fakhsirie Radjamilo, yang menegaskan pentingnya peran pemerintah dalam mendukung pertumbuhan startup dan UMKM Indonesia, khususnya di Kota Makassar. 

Telkom Indonesia, melalui perwakilannya, Tomy Ornadus, Solution Business Service Witel Sulawesi Selatan, turut berpartisipasi dengan memberikan sambutan mewakili Indigo, sekaligus memperkenalkan produk dan layanan yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis startup dan UMKM. 

Dalam sambutannya, Tomy menyoroti pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan usaha dan memaparkan solusi-solusi yang dirancang khusus untuk mendukung operasional bisnis, mulai dari layanan konektivitas hingga platform digital omnichannel (OCA) dan platform pembelajaran digital (Pijar Mahir). Hal yang disampaikan sejalan dengan objektif Indigo, yaitu mendorong pertumbuhan ekosistem digital, dengan menyediakan dukungan bagi startup dan UMKM untuk mengoptimalkan potensi mereka. 

Seminar dalam acara ini diisi oleh Khairul Umam, General Manager Inkubator UMKM Kota Makassar, sebagai pembicara utama. Khairul menyampaikan materi tentang strategi pengelolaan bisnis yang efektif, serta pentingnya kolaborasi. Materi ini diharapkan mampu membantu peserta dalam mengembangkan usaha mereka secara lebih terstruktur dan kompetitif.

Selain seminar, terdapat sesi coaching yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman peserta tentang penerapan strategi bisnis yang tepat di wilayah Makassar. Dalam sesi ini, peserta mendapat bimbingan langsung dari para mentor dan ahli di bidang startup serta UMKM. Peserta didorong untuk mengeksplorasi potensi bisnis mereka lebih lanjut, baik dalam aspek manajerial maupun inovasi produk.

Lebih lanjut, acara ini diisi dengan sesi business matchmaking yang dirancang untuk memperluas jaringan usaha para peserta. Dalam sesi ini, peserta berkesempatan untuk bertemu langsung dengan mitra pembiayaan dari bank serta mitra pemasaran dari sektor restoran, retail, dan praktisi bisnis lainnya. Sesi ini bertujuan untuk membuka peluang kolaborasi dan memperkuat jejaring bisnis, sehingga peserta dapat lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas.

“Melalui kombinasi teori dalam seminar dan pengalaman praktis dalam sesi matchmaking, diharapkan peserta dapat memperoleh wawasan yang komprehensif dan langsung dapat diterapkan dalam pengembangan usaha mereka” ujar Patricia Eugene Gaspersz, Senior Manager Indigo.

Indigo (https://indigo.id/) telah berperan sebagai inkubator dan akselerator bagi lebih dari 200 startup digital di Indonesia sejak 2013. Program ini menawarkan dukungan komprehensif mulai dari mentoring, pendanaan, kolaborasi, hingga akses ke jaringan investor, yang semuanya berkontribusi dalam memperkuat inovasi dan semangat di ekosistem startup.

Sebagai bagian dari komitmen Indigo untuk mendorong pertumbuhan ekosistem digital, program ini bertujuan memperkuat kapasitas SDM startup dan UMKM di Makassar. Melalui berbagai kegiatan, Indigo berusaha menciptakan lingkungan bisnis yang lebih kompetitif dan adaptif terhadap tantangan digital. Dengan inisiatif ini, Indigo berharap dapat terus berkontribusi pada perkembangan bisnis digital di Indonesia, terutama di wilayah timur.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES